Telekonsultasi
Apa Itu Telekonsultasi?
Berdasarkan Permenkes No. 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine Antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan, telekonsultasi klinis adalah layanan konsultasi jarak jauh untuk membantu menegakkan diagnosis dan/atau memberikan peringatan atau nasihat. Telekonsultasi berkaitan erat dengan konsultasi atau konseling secara online, melalui konferensi video atau chat. Tujuan dari telekonsultasi adalah pasien dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan dokter dan psikologi klinis untuk mencegah dan mengobati penyakit hingga komplikasi. Hal ini merujuk pada kepentingan peningkatan kesehatan pasien. Secara elektronik, pasien dapat bertanya seputar keluhan penyakit yang dialami di ruang percakapan telekonsultasi. Jika diperlukan, pasien dapat mengunggah foto untuk mendukung dokter dan psikologi klinis dalam diagnosis suatu penyakit. Misalnya, penyakit kulit dengan sejumlah luka, atau tanda-tanda lain yang berdampak pada kondisi fisik pasien.
Manfaat Telekonsultasi
Salah satu manfaat dari telekonsultasi secara online dengan dokter dan psikologi klinis adalah mudah dicapai oleh banyak orang dengan koneksi internet yang kuat di wilayahnya. Pasien dapat melakukan telekonsultasi dengan cepat, dan hasil diagnosis yang efektif dibantu oleh dokter umum atau spesialis tertentu serta psikologi klinis. Melalui telekonsultasi, pasien juga mendapatkan resep obat yang mudah ditebus di apotek online sekitar tempat tinggal, sekaligus mendapatkan surat izin sakit atas rekomendasi dokter dan psikologi klinis. Berikut ialah beberapa manfaat dari telekonsultasi.
1. Konsultasi Terbuka untuk Semua Penyakit
Banyak orang melakukan telekonsultasi untuk penyakit umum dengan gejala ringan dan minim komplikasi, misalnya COVID-19, influenza, demam, atau batuk. Padahal, para dokter spesialis mampu memberi solusi dan diagnosis penyakit tertentu secara detail melalui telekonsultasi, lho! Misalnya, penyakit kronis, penyakit pada bayi dan anak, penyakit pada ibu hamil dan menyusui, pasien lanjut usia, sampai penyakit kejiwaan.
2. Fleksibel Mengikuti Kondisi Pasien
Telekonsultasi tentunya bermanfaat bagi pasien yang sedang mengalami kesulitan dalam mobilitas, kesulitan bergerak, atau berada di wilayah yang sulit menemui tenaga kesehatan profesional. Dengan telekonsultasi melalui ruang percakapan, pasien tetap dapat bertanya dan berkonsultasi lebih jauh terhadap masalah kesehatannya dengan mudah dan tanpa hambatan.
3. Hemat Biaya
Konsultasi secara online pastinya mengeluarkan biaya yang tidak mahal, kok! Tapi, jangan anggap sepele, karena dokter tetap menjelaskan diagnosis dan saran dengan rinci, lho! Dengan harga yang jauh lebih murah, konsultasi paket komplit akan Anda dapatkan.
Tips Lebih Mudah dengan telekonsultasi RSUD Abdoel Wahab Sjahranie
- Mendaftar telekonsultasi dahulu bisa menghubungi RSUDAWS di nomor 082199994150 dan pastikan nomor Anda dapat dihubungi melalui Whatsapp
- Persiapkan smartphone dengan baik terutama sinyal internetnya
- Siapkan juga kertas dan alat tulis untuk menulis apa yang perlu dicatat dari penjelasan dokter atau akan ditanyakan lagi
- Buatlah dan siapkan daftar obat-obat yang sudah atau sedang diminum
- Siapkan beberapa dokumen penunjang yang diperlukan, seperti hasil laboratorium, foto rontgen, EKG (rekam jantung), dll
- Tanyakan beberapa hal kemungkinan dari perjalanan penyakit anda atau stelah hasil pengobatan yang diberikan
- Mintalah ringkasan atau resume dari hasil konsultasi hari ini
Karena telekonsultasi dibatasi waktu yang tidak terlalu banyak, maka dengan mempersiapkan sesuatunya, telemedicine menjadi lebih mudah dan dapat menunjang perawatan dan penyembuhan. Jangan lupa, siapkan tempat yang nyaman, tenang dan terang, sehingga saat konsultasi suara dan suasana menunjang untuk mendengar konsultasi lebih jelas. Jika diperlukan dapat didampingi oleh anggota keluarga yang bisa membantu menjelaskan lagi, jika ada yang terlewatkan.
Syarat dan ketentuan
1. Tidak ditujukan untuk menggantikan fungsi konsultasi tatap muka secara langsung
2. Dokter berhak untuk menolak memmberikan saran bilamana kasus Anda atau yang Anda konsultasikan dinilai sebagai gawat darurat (emergensi)
3. Setelah mengikuti telekonsultasi RSUDAWS, tidak menjamin bahwa Anda akan mendapatkan resep setelah konsultasi dengan dokter spesialis
4. Dokter tidak mesepkan obat golongan narkotika dan obat lain yang berpotensi disalahgunakan
5. Dokter dapat menolak memberikan layanan Kesehatan bilamana terdapat potensi penyalahgunaan layanan
6. Pengguna mengetahui bahwa dokter akan memberikan konsultasi sesuai dengan data pengguna yang didaftarkan pada saat registrasi
7. Telekonsultasi dapat dilaksanakan setelah jadwal tersebut dikonfirmasi oleh RSUDAWS, maka Dokter akan melakukan panggilan kepada Pengguna melalui panggilan video di waktu yang telah disetujui oleh pengguna dan RSUDAWS dengan ketentuan bahwa:
- Telekonsultasi dengan Dokter spesialis/psikolog klinis bertujuan untuk memberikan layanan Kesehatan
- Telekonsultasi dengan dokter tidak digunakan oleh pengguna dalam keadaan gawat darurat, termasuk namun tidak terbatas pada kondisi medis yang membutuhkan penanganan atau pemeriksaan fisik secara cepat dan langsung oleh dokterseperti halnya layanan yang diberikan di unit gawat darurat
- Telekonsultasi dengan Dokter spesialis/psikolog klinis tidak digunakan oleh Pengguna untuk menggantikan pemeriksaan fisik atau tatap muka secara langsung yang diperlukan atau ungkin diperlukan oleh pengguna dalam kondisi apapun
- Dalam menggunakan telekonsultasi dengan dokter/psikolog klinis, Pengguna memberikan informasi yang benar dan lengkap yang menjadi dasar dari Dokter/psikolog klinis dalam memberikan jawaban melalui layanan Telekonsultasi
Untuk pembayaran bisa melalui bank dibawah ini
BANK KALTIM
Nama : Penerimaan BLUD RSUD AWS
Rek : 1051400026