Berita

PITSELNAS KARS IV 2018: Membangun Pelayanan Unggulan Melalui Akreditasi RS
28 Agustus 2018
Nullam euismod commodo

PITSELNAS KARS IV 2018: Membangun Pelayanan Unggulan Melalui Akreditasi RS

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien rumah sakit guna tercapainya pelayanan yang bertaraf internasional, maka Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Semiloka Nasional Akreditasi RS, Komisi Akreditasi Rumah Sakit ke IV Tahun 2018 atau yang disingkat (PITSELNAS KARS IV).

Tema yang diusung PITSELNAS KARS IV adalah “Strategi Rumah Sakit Mempertahankan Akreditasi Paripurna Menuju Akreditasi KARS Internasional”. PITSELNAS KARS IV ini telah diselenggarakan selama tiga hari yakni sejak tanggal 27 hingga 29 Agustus 2018, di Indonesia Convention Exhibition Tangerang. PITSELNAS KARS IV dihadiri sekitar 1.500 peserta, yang terdiri dari surveyor KARS, direktur dan staf rumah sakit se-Indonesia. 

Salah satunya RSUD Abdul Wahab Sjahranie (AWS) sebagai peserta dan tamu undangan PITSELNAS KARS IV. Dr. Rachim Dinata, Sp.B sebagai Direktur RSUD AWS menjadi salah satu pembicara dalam acara sidang pleno PITSELNAS KARS IV dengan mengangkat topik “Membangun Pelayanan Unggulan Melalui Akreditasi RS”. Adalah suatu kehormatan bagi RSUD AWS dapat mempresentasikan Layanan Unggulan di hadapan seluruh rumah sakit se-Indonesia. Bukan waktu yang singkat, RSUD AWS bisa seperti sekarang. Perjalanan cukup panjang telah dilalui dalam pencapaian akreditasi KARS yang Paripurna. Telah berproses sejak tahun 2013 hingga Maret 2017, seluruh staf dan manajemen RSUD AWS mengalami perubahan pola pikir dengan akreditasi khususnya dalam penerapan mutu dan keselamatan pasien.

Pertemuan ilmiah ini merupakan ajang berbagai pengetahuan dan peningkatan pemahaman terhadap standar akreditasi rumah sakit. Sebanyak 15 karya ilmiah terkait akreditasi, termasuk solusi dan inovasi, dipresentasikan secara podium dan 50 karya ilmiah ditampilkan dalam bentuk poster. Salah satu karya poster milik Perawat di RSUD AWS berhasil masuk nominasi dengan judul Hubungan Metode Komunikasi SBAR dengan penerapan Budaya Keselamatan Pasien di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Tahun 2018.

Di samping itu, disajikan 46 karya inovatif dari rumah sakit dimana tiga karya terbaik akan mendapat KARS Awards.  Sementara itu, acara Semiloka Akreditasi berlansung selama dua hari, berupa kegiatan pelatihan Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi (Sismadak), Redowsko Manajemen, serta Pelatihan Redowsko Asuhan Pasien.

Ketua Eksekutif KARS Dr. dr. Sutoto, M.Kes menjelaskan, KARS merupakan organisasi non profit yang mengusung visi untuk menjadi badan akreditasi tingkat nasional dan internasional serta misi untuk membimbing dan membantu rumah sakit meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien melalui akreditasi. KARS telah mendapatkan pengakuan internasional dari The International Society for Quality in Health Care (ISQua).

Di Indonesia saat ini terdapat 2.800 rumah sakit. Dari jumlah itu, baru 1.620 rumah sakit (sekitar 60%) yang telah terakreditasi. Oleh sebab itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang akreditasi kepada pihak rumah sakit. (kdv/drs/hms)

 

 

 

Posted in:
Copyrights ©2017: Pengembangan IT - RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Provinsi Kalimantan Timur