Berita

Pelatihan Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Needs Analysis) Di Lingkungan RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda
13 April 2019
Nullam euismod commodo

Pelatihan Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Needs Analysis) Di Lingkungan RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda

Samarinda- Rumah Sakit Abdul Wahab Sjahranie Samarinda bekerjasama dengan PKP2A.III LAN Samarinda menyelenggarakan Pelatihan Analisis Kebutuhan Pelatihan (Training Needs Analysis) agar mampu menganalisis kebutuhan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi staf di RSUD AW Sjahranie. Acara dilaksanakan sejak Senin- Kamis tanggal 8-12 April 2019 yang diikuti sebanyak 40 orang peserta, terdiri dari Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Kepala Instalasi bertempat di Ballrom Rembulan RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda.

Dalam Sambutan pembukaannya, Plt. Direktur RSUD AWS dr. David Hariadi M, Sp.OT menyampaikan bahwa Pelatihan diperlukan ketika tenaga kerja kita tidak bekerja sesuai dengan standar yang ditentukan atau tidak dapat bekerja pada tingkat kinerja yang diharapkan, dimana perbedaan antara hasil kerja yang aktual dengan apa yang diharapkan oleh rumah sakit menunjukan bahwa tenaga kerja yang bersangkutan memerlukan pelatihan atau training. Dengan jumlah staf sekitar 2600 orang mengharuskan tenaga kerja yang bekerja harus terampil untuk melakukan tugas-tugas yang kompleks dengan cara yang efisien, hemat biaya dan aman. Harapannya pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi peserta pelatihan dalam melakukan analisis kebutuhan pelatihan yang efektif di unit kerjanya masing-masing.

Sementara itu Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslitbang KDOD LAN) sekaligus pembicara dalam pelatihan tersebut DR. Mariman Darto, SE. M.Si menyampaikan dalam mengantisipasi dan menghadapi era kompetensi saat ini, maka staf merupakan kekuatan yang harus dikelola agar mereka menjadi tenaga Profesional dan handal. Untuk itu diperlukan Sumber Daya Manusia aparatur yang memilili tiga kompetensi pertama mengusai ilmu pengetahuan dan keahlian dibidangnya, kedua menghasilkan karya-karya unggul yang kompetitif dan inovatif sebagai bukti kinerja, ketiga bersikap profesional, jujur dan amanah yang merupakan perwujudan dari komitmen terhadap nilai-nilai agama dan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, apresiasi diberikan kepada RSUD A. Wahab Sjahranie yang merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang pertama di Kalimantan Timur yang melakukan pelatihan terkait TNA dan harapannya dapat diikuti oleh OPD lainnya. (pdl/drn)

Posted in:
Copyrights ©2017: Pengembangan IT - RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Provinsi Kalimantan Timur